Unggultheone’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

10 Paradoxes of Creative People

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Para creator adalah orang-orang yang pada dasarnya memanfaatkan kelebihan energi yang dianugerahkan kepada mereka untuk membuat suatu hal yang bias jadi bagi sebagian orang tidak bermakna. Untuk mewujudkan hal tersebut, sering kali memerlukan suatu konsentareasi penuh, semangat membara dan gerakan fisik yang ekstrim sehingga ada kalanya mereka membutuhkan ketenangan dan rehat sejenak mengembalikan energi yang telah dilepaskan.

2. · Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Menjadi kreratif adalah suatu pilihan. Namun bukan berarti ada orang yang tidak mampu berkreasi. Pada dasarnya kita semua adalah sosok individu yang senantiasa menbuat suatu perbedaan yang mencirikan eksistensi diri. Sehingga, tidak dapat dipungkiri, manakala seseoarang merasa memiliki kecerdasan lebih dibandingkan orang di sekeliling dia akan cenderung bersikap naif dengan mengabaikan pertimbangan yang diberikan oleh orang lain

3. Creative people combine playfulness and discipline or responsibility and irresponsibility.

Orang kreatif memadukan playfulness dan discipline agar mereka dalam melakukan ataupun membuat suatu hal yang kreatif mereka harus senang. Oleh karena itu, dengan mereka merasakan belajar sambil bermain, pikiran mereka seolah tidak terkekang oleh satu pikiran saja tetapi bisa saja ke hal lain sehingga bisa menciptakan hal baru. Tetapi, untuk itu mereka harus tetap disiplin dimana mereka harus fokus pada satu jalan. Saya pikir, bertanggung jawabnya seseorang atau tidak sepertinya kembali ke diri orang tersebut karena mereka kebanyakan membuat hal seperti itu untuk diri mereka sendiri dan kadang hal – hal kreatif yang negatif yang dibuat oleh suatu orang dapat dicuri untuk kemudian digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab padahal orang yang menciptakannya tidak ingin menggunakannya.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy and a rooted sense of reality.

Bagi mereka yang senantiasa berkreasi, menjadi suatu kebiasaan untuk senantiasa berimajinasi dan berfantasi untuk menggabungkan suatu hal agar menjadi lebih indah dan barang ini adalah gabungan dari barang yang sudah ada sebelumnya

5. · Creative people tend to be both extrovert and introvert.

Orang kreatif terkadang bisa terbuka dan tertutup karena terkadang dalam melakukan atau menciptakan hal yang kreatif mereka hanya terkonsentrasi pada suatu hal dan terkadang jika mereka senang meneliti suatu hal mereka terkadang mengacuhkan lingkungan di sekeliling mereka dan jika mereka menjadi orang yang terbuka biasanya mereka dalam melakukan kegiatan untuk menemukan atau menciptakan hal yang kreatif mereka akan mengungkapkan apa yang mereka butuhkan dan bertanya apa saja kekurangan yang masih ada dalam menciptakan hal yang kreatif.

6. · Creative people are humble and proud at the same time.

Seperti kata pepatah tentang padi, makin berisi makin merunduk. Namun, tentunya bagi dia sang kreator akan bangga manakala karyanya dihargai dan digunakan oleh banyak pihak

7. ·Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

Menjadi kreatif tidak membedakan gender seseorang, apakah ia lelaki atau perempuan. Keduanya memiliki hak yang setara.

8. · Creative people are both rebellious and conservative.

Menjadi kreatif haruslah selalu menggunakan falsafah ”out of the box”. Sehingga para creator kebanyakan bersikap “nakal” agar dia merasa benar-benar berhasil membuat sensasi akan karyanya. Namun, agar seimbang, orang yang kreatif perlu menambahkan nilai-nilai konservatif agar tatap di jalan yang benar dan bukan menjadi nampak sebagai seorang pemberontak

9. ·Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well

Untuk menjadi kreatif haruslah didukung dengan situasi yang kondusif agar inspirasi senantiasa dapat tumbuh berkembang. Suasana yang nyaman tentunya akan membuat tubuh jauh lebih bersemangat untuk memulai setiap hari baru. Pada saat yang bersamaan hal tersebut amat menjadi objek perhatian bagi para kreator demi keberlangsungan ide yang ingin dihadirkan.

10. `Creative people’s openess and sensitivty often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

Para orang kreatif terkadang terlalu dalam manakala sedang meng-ekspos suatu hal, sehingga ada kalanya mereka cenderung menyakiti diri ketika tak ada yang mengingatkan untuk mengurus diri. Walaupun mereka pada dasarnya sungguh menikmati proses tersebut, tubuh mereka wajib diperhatikan.

Desember 15, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | Tinggalkan komentar

“If everything seems under control, you’re just not going fast enough.”
— Mario Andretti, Car Racer —

Belakangan, saya merasakan dalamnya makna kata-kata tersebut.

Hasil yang maksimal tentunya akan tercapai manakala kita benar-benar telah mengerahkan seluruh kemampuan.

Hingga batas maksimal, atau hingga titik akhir kesempatan yang bisa diraih

Desember 15, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | 1 Komentar

Legenda Walt Disney

walt-disneyWalt Disney adalah sebuah legenda di bidang hiburan abad ke-20. Popularitasnya dilengkapi dengan imajinasi, optimisme, serta kreativitas. Walt Disney telah menyentuh hati, pikiran, dan emosi jutaan orang. melalui karya2nya, ia turut mendatangkan kegembiraan dan kesenangan pada semua orang di seluruh dunia. Ia membawa kita dekat kepada masa depan, dengan menceritakan masa lalu.

Bernama lengkap Walter Elias Disney, dan dilahirkan pada 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois.Sejak kecil, Walt sangat tertarik pada menggambar dan seni. Saat berumur 7 tahun Walt sering menjual sketsa dan gambar2nya ke tetangga terdekat.

Walt suka menggambar binatang dan alam daripada mengerjakan tugas-tugas  yang diberikan dari sekolah. Pernah juga ia membuat miniatur kereta api lengkap dengan rel dan jalurnya.

Walt bersekolah di Mckinley High School, di Chicago. Selain menggambar ia juga belajar fotografi. tiap malam hari, Walt bersekolah di Academy of Fine Arts untuk menyempurnakan tekhnik menggambarnya.

Kemudian keluarga Walt berpindah ke Kansas, disana ia juga belajar akting. Walt adalah penggemar berat Charlie Chaplin. Pada tahun 1925, Walt menikahi Lilian Bounds. Tiga tahun setelah menikah Walt menciptakan tokoh animasi Mickey Mouse yang sekarang menjadi maskot dari dunia hiburan Walt Disney. Terobosan-terobosan Walt untuk menyempurnakan dunia animasi terus dilakukan. Banyak film2 kartun yang sudah dihasilkan oleh Walt, dan masyarakat Amerika tersentuh oleh karya-karya Walt.

Pemikiran Walt brilian dan perhatiannya yang besar pada dunia pendidikan, membuatnya dia mendapatkan anugerah penghargaan True-Life Adventure Series. Lewat film2 yang dihasilkan oleh Walt. Selain melalui film, Disney juga mempesona kita dengan mimpi dan idenya untuk membangun suatu taman hiburan.

Pada tahun 1955 Dibangun Disneyland Park yang menelan biaya sebesar 17 juta dollar. Disney juga menjadi pionir di bidang pertelevisian tahun 1954 dengan presentasi ” full-collor programming “. Hal ini membuat The Mickey Mouse Club menjadi favorit dan populer.

Sebagai Pioner dan juga inovator, Walt Disney telah mendapatkan lebih dari 950 penghargaan di dunia, termasuk 48 penghargaan dari Academy Awards dan 7 penghargaan dari Emmys Award. Secara Pribadi Waldt Disney telah mendapatkan gelar honoris kausa dari Universitas Harvard, Universitas Yale, Universitas Southern California, dan UCLA. Mendapatkan medali penghargaan dari : France’s Legion of Honor and Officer d’Academie decorations; Thailand’s Order of the Crown; Brazil’s Order of the Southern Cross; Mexico’s Order of the Aztec Eagle; and the Showman of the World Award from the National Association of Theatre Owners

Desember 15, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | Tinggalkan komentar

Alat Transporter

Seperti telah diprediksi oleh Einstein, gratvitasi menciptakan sebuah efek lensa yang sama dimana terdapat jendela gelombang antik dan tesmak tebal yang dapat mengubah pandangan kita dengan mengalihkan celah cahaya dari suatu objek kepada mata kita. Jarak diatara binta ng dan galaksi mungkin berupa kepercayaan yang salah diletakkan, duplikasi atau pelengkungan akibat dari perubahan jalannya pancaran cahaya seperti yang dikuti seperti yang diikuti oleh lengkungan jarak waktu yang diciptakan dari sebuah medan gravitasi yang kuat. Sebuah ’Gravitasi Super” dari lubang hitam menghasilkan penyimpangan unik dengan menjebak setiap cahaya yang ada di sekitarnya ke dalam pusatnya.

Einstein’s cross: menunujukkan sebuah medan gravitasi galaksi yang menghubungkan cahaya dari sebuah ‘quasar’ dan menghasilkan empat salinan yang saling bersilangan Credit: J. Rhoads (STScI) et al., WIYN, AURA, NOAO, NSF

The Einstein ring:menunjukkan sebuah objek yang menghasilkan medan gaya tarik gravitasi yang sangat kuat yang dapat menahan pandangan langsung dari dsebuah glalaksi menakala pembelokan dari cahaya pancaran galaksi. Medan gravitasi ini dapat berupa ‘lensa’ yang dapat menciptakan salinan gambar dari sebuah galaksi yang nampak berasal dari suatu tempat lain yang mengepung di sekitar lensa. Credit: L. J. King (U. Manchester), NICMOS, HST, NASA

Bila dihubungkan dengan imajinasi masa kanak-kanak kita yang mengenal hadirnya tokoh Doraemon yang dengan ”Pintu Kemana Saja” sehingga mampu mengantarkan kita menuju tempat tujuan dengan seketika. Betapa menyenangkannya memiliki alat seperti itu untuk kegunanaan sehari-hari kita.

Atau di lain settingan, beberapa tahun yang lalu sebuah tayangan mengenai terdapatnya pintu-pintu yang dibangun oleh alien di zaman sebelum manusia berada yang mampu menghubungkan antar galaksi di dunia ini. Sehingga, dengan adanya teknologi tersebut memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan makhluk dari dunia yang berbeda.

Bila kondisi di atas dibuatkan pada sebuah benda berteknologi nyata, alat ini mengantarkan kita menuju berbagai tempat yang kita inginkan tampa perlu lagi untuk bersusah payah mencapainya melalui sebuah perjalanan panjang yang mungkin menghabiskan waktu. Selain itu, dengan adanya ’alat pengangkut” yang langsung seperti ini akan mampu mereduksi berbagai kelemahan sektor trannsportasi yang dihadapai orang-orang masa kini, seperti kemacetan pencemaran lingkungan dan terbuangnya waktu yang berharga demi sebuah perjalanan menuju suatu tujuan.

Oktober 20, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | Tinggalkan komentar

Kreativitas ala Jalanan

Siapa bilang para supir truk hanya sekedar mengemudian kendaraanya tanpa mampu menciptakan hal-hal yang kreatif. Berikut ini beberapa kreativitas yang terlihat dari tulisan2 yg ada di truk2. ck…ck..ck..ck..
* NEW FEAR THE ME IS 3 –> Nyupir demi istri
* !!! SEKARANG BAYAR, BESOK GRATIS !!!
* WWW. A P KT NTE AJ.COM -> ape kata ente aja
* Ber 2 1 7 an -> berdua satu tujuan
* CAN’T ARE ROCK –> Ken Arok
* MER – 123 – LUCK –> Mertua Galak
* THONK HE LOVE –> Thonk khilaf
* Anda butuh waktu,kami butuh uang
* Naik Gratis,Turun Bayar
* Ma2ku 1/3 dis -> mamaku seperti gadis
* THE ME anak IS 3 -> demi anak istri
* Jagalah jandamu –> jagalah jarak anda???
* JANGAN DINIKAHI BILA SEGEL RUSAK
* SO FEAR SHE N THINK —> Sopir Sinting
* BE YOUNG CARE ROCK —> Biang Kerok
* Alone By Must —> Alon bae Mas
* CINTAMU TAK SEMURNI BENSINKU
* CINTAMU TAK SETULUS CINTA EMAK GW
* Ja 500 Let –> Jago Pelet
* Moe K Sue Fear 1/3 Rong –> Muka Supir seperti garong
* On any book an plumb pleasant — onani bukan pelampiasan. . huhuheuheue…
* BERSATU DI PANGKALAN BERSAING DI JALANAN
* Bercinta di Bis Berpisah di Terminal
* STREET FIGHTER
* PUTUS CINTA… sudah biasa…
* PUTUS ROKOK… merana…
* PUTUS REM… matilah kita…
* Cintaku Berat Di Bensin
* MAN 7 jur —> mantu jujur
* JUM’AT KELABU —> Trayek Ps. Jumat – Pd. Labu
* Mencari nafkah demi desah
* JANDA BARU NENEN —> Trayek Juanda – Ps.Baru – Senen
* JANDA 1/3 DIS -> janda seperti gadis
* Do Now .. Casino … In Draw … War Cop DKI
* bukan salah ibu mengandung.. .
* salah bapak nggak pake sarung
* LONG STREET OF MEMORY [sepanjang jalan kenangan]
* Ora Sama Bin Lain
* besar di rantau, tua di jalan
* tak sehina yang kau duga
* Q-Cay Was here — trus dibawahnya ditulis :: kasian deh lo wasir.. ke dokter aja
* UCOK= Uang Cukup Ongkos Kurang
* Lupa namanya, ingat rasanya — matheb ni broo..
* Enak tapi dosa
* Istri goyang suami basah
* Pergi karena tugas … pulang karena beras..
* Rejekiku dari silitmu –> tulisan di truk sedot tinja MATSIBISHA
* cinta di tolak dukun terbahak
* Fuck Here Miss Kind!!! –> Fakir Miskin
* Pulang malu, tak pulang rindu..
* Cinta putus, kimpoipun tak jadi
* SABAR MAS, URA SABAR MABUR.RO –> sabar mas kalo ga sabar terbang aja!
* ABANG YANG ENAK ADE YANG BERANAK
* tangis hari ini…
* senyum hari esok, yang lebih cerah !!!
* e=mc2
* enjoy=makan cuma-cuma
* demi kau dan si buah hati
* sesama kendaraan umum dilarang saling mendahului
* KASET = Kenanglah Aku Sebelum Engkau Tidur
* http://www.sabar.co. id ->> woi woi woi sabar ndot jo wedi

Oktober 17, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | 1 Komentar

Athlete, Terobosan Kreatif Sebuah Produsen Motor

Salah satu produsen motor yang dapat dikategorikan kreatif saat ini menurut saya adalah Kawasaki yang baru-baru ini mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Kawasati Athlete. Motor ini memiliki banyak keunikan bila dilihat secara langsung mauoun berdasarkan pada apa saja fitur yang disematkan di dalamnya untuk para penggunanya. Saya menganggap bahwa produsen yang satu ini mampu melihat apa yang diinginkan oleh pasar saat ini, sebuah perpaduan antara motor bebek dan sport yang kental akan nuansa lelaki namun tetap mudah dipergunakan bagi kaum perempuan.

Nah itu kabar terbaru dari motor ini, sekarang kita akan melihat value dari motor ini. Karena desain sudah jelas dan beberapa fitur sudah terlihat maka kita langsung saja melihat apa saja yang bisa dijadikan nilai lebih dari Kawasaki Athlete.

  1. Desain yang lebih fresh untuk pasar ayam jago. Jika selama ini kita hanya disuguhi dengan tampang FU dan Sonic, kini ada ayam jago baru dengan desain yang lebih fresh. Soal desain memang tergantung selera masing-masing orang, namun setidaknya Athlete telah memberikan alternatif bagi penggemar ayam jago. Selain dari bodi, kesan fresh juga terlihat dari penggunaan piringan cakram yang unik.
  2. Penempatan tangki di tulang tengah bagi sebagian orang dirasa mengganggu estetika karena desainnya yang cenderung membulat dan kurang sporti, namun terlepas dari soal desain yang memang subjektif kita bisa melihat bahwa penempatan tangki seperti ini akan memudahkan apabila mengisi bensin. Kita tidak perlu turun dari jok untuk mengisi bensin, cukup membuka tutup tangki yang ada di depan kita seperti motor sport.
  3. Penggunaan kopling sentrifugal juga dirasa kurang cocok bagi orang-orang yang menginginkan akselerasi yang lebih spontan, namun ini adalah nilai plus bagi orang-orang yang tidak menyukai penggunaan kopling manual. Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan kopling manual, anda masih bisa menikmati motor bebek sport tanpa harus “direpotkan” dengan memainkan tuas kopling.
  4. Penggunaan monoshock jenis tidur yang merupakan hal unik di motor-motor produksi Indonesia. Soal pengaruhnya ke handling memang belum jelas, namun secara kosmetik hal ini adalah nilai tambah.
  5. Dari semua itu yang paling jelas adalah soal harga. Penghilangan kopling manual, penggunaan mesin tegak dan beradiator dan sapuan kuas teknologi lain pasti bisa mengurangi ongkos produksi Athlete, dan imbas terbesar tentu saja pada harga jual. Kawasaki sering mengeluarkan bebek yang harga jualnya lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor, mungkin juga berlaku untuk motor ini. Jadi dengan harga murah anda bisa mendapatkan motor bebek sport dengan tampang yang segar plus fitur-fitur di atas.

Memang belum jelas apakah Athlete akan mendapat kesuksesan sebagai paket hemat motor sport? Bisa jadi iya, kalau terjadi demikian bisa jadi segala teknologi dan fitur-fitur canggih bisa dikalahkan dengan harga yang lebih terjangkau?

Di lihat segmentasinya, jelas bebek Kawasaki ini akan bertarung dengan bebek lainnya dikelas 125cc. Di kelas ini ada Suzuki Shogun 125RR yang sudah Cast Wheel dan non kopling, dibanderol seharga Rp. 14.1juta. Kemudian ada honda Supra X-125 CW dengan dibanderol harga sebesar Rp. 14.7 juta. Ataupun naik sedikit cc-nya ke Yamaha Jupiter MX135 yang dibanderol seharga Rp. 14.95 juta. Di kelas 125cc ini, rajanya kelas 125 masih dipegang oleh Supra X-125 walau harganya lebih tinggi dibandingkan Suzuki Shogun. Sehingga, pihak marketing Kawasaki harus jeli untuk menyematkan harga yang pantas bagi sebuah motor terobosan seperti ini. Melihat dari karakter konsumen Indonesia yang mulai bergerak ke arah smart, sepertinya konsumen akan memperitungkan masak-masak tentang Athlete termasuk teknologi, fitur dan harganya.

Oktober 17, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | 1 Komentar

Hidup adalah Persaingan

Sudah menjadi sifat dasar kita sebagai manusia untuk memiliki semangat berkompetisi, semangat untuk selalu menjadi pemenang, yang terhebat, terdepan dan tak terkalahkan. Namun, untuk menjadi yang seperti tidaklah mudah. Semua harus dibayar mahal demi sebuah pencapaian.

Kita dapat sukses hanya bila kita selalu memacu diri untuk menjadi yang terbaik. Sesungguhnya, lawan terberat kita bukanlah kompetitor yang nyata, melainkan diri kita sendiri. Sehingga kita membutuhkan adanya target dan berkompetisi dengan diri sendiri untuk meraih tujuan kita. Niscaya, kemenangan itu memang ditakdirkan untuk dapat kita raih.

September 10, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | 3 Komentar

Kreatif

Kreatif merupakan suatu kondisi dimana kita dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Tidaklah perlu sesuatu yang baru itu adalah hal yang tidak ada sebelumnya, karena bila kita mengklaim hal itu ciptaan kita maka sama saja bila kita menyejajarkan diri kita dengan Sang Pencipta.

Bila kita mencari kata “Kreativitas” di wikipedia maka kita akan menemukan maknanya adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Berpikirlah kreatif, maka dari sana kita akan senantiasa merasakan indahnya dunia, luasnya dunia dan senatiasa bersyukur dengan diberikannya anugerah untuk dapat berkarya bagi semua.

September 10, 2008 Posted by | Creativity n Innovation | Tinggalkan komentar