Unggultheone’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Athlete, Terobosan Kreatif Sebuah Produsen Motor

Salah satu produsen motor yang dapat dikategorikan kreatif saat ini menurut saya adalah Kawasaki yang baru-baru ini mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Kawasati Athlete. Motor ini memiliki banyak keunikan bila dilihat secara langsung mauoun berdasarkan pada apa saja fitur yang disematkan di dalamnya untuk para penggunanya. Saya menganggap bahwa produsen yang satu ini mampu melihat apa yang diinginkan oleh pasar saat ini, sebuah perpaduan antara motor bebek dan sport yang kental akan nuansa lelaki namun tetap mudah dipergunakan bagi kaum perempuan.

Nah itu kabar terbaru dari motor ini, sekarang kita akan melihat value dari motor ini. Karena desain sudah jelas dan beberapa fitur sudah terlihat maka kita langsung saja melihat apa saja yang bisa dijadikan nilai lebih dari Kawasaki Athlete.

  1. Desain yang lebih fresh untuk pasar ayam jago. Jika selama ini kita hanya disuguhi dengan tampang FU dan Sonic, kini ada ayam jago baru dengan desain yang lebih fresh. Soal desain memang tergantung selera masing-masing orang, namun setidaknya Athlete telah memberikan alternatif bagi penggemar ayam jago. Selain dari bodi, kesan fresh juga terlihat dari penggunaan piringan cakram yang unik.
  2. Penempatan tangki di tulang tengah bagi sebagian orang dirasa mengganggu estetika karena desainnya yang cenderung membulat dan kurang sporti, namun terlepas dari soal desain yang memang subjektif kita bisa melihat bahwa penempatan tangki seperti ini akan memudahkan apabila mengisi bensin. Kita tidak perlu turun dari jok untuk mengisi bensin, cukup membuka tutup tangki yang ada di depan kita seperti motor sport.
  3. Penggunaan kopling sentrifugal juga dirasa kurang cocok bagi orang-orang yang menginginkan akselerasi yang lebih spontan, namun ini adalah nilai plus bagi orang-orang yang tidak menyukai penggunaan kopling manual. Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan kopling manual, anda masih bisa menikmati motor bebek sport tanpa harus “direpotkan” dengan memainkan tuas kopling.
  4. Penggunaan monoshock jenis tidur yang merupakan hal unik di motor-motor produksi Indonesia. Soal pengaruhnya ke handling memang belum jelas, namun secara kosmetik hal ini adalah nilai tambah.
  5. Dari semua itu yang paling jelas adalah soal harga. Penghilangan kopling manual, penggunaan mesin tegak dan beradiator dan sapuan kuas teknologi lain pasti bisa mengurangi ongkos produksi Athlete, dan imbas terbesar tentu saja pada harga jual. Kawasaki sering mengeluarkan bebek yang harga jualnya lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor, mungkin juga berlaku untuk motor ini. Jadi dengan harga murah anda bisa mendapatkan motor bebek sport dengan tampang yang segar plus fitur-fitur di atas.

Memang belum jelas apakah Athlete akan mendapat kesuksesan sebagai paket hemat motor sport? Bisa jadi iya, kalau terjadi demikian bisa jadi segala teknologi dan fitur-fitur canggih bisa dikalahkan dengan harga yang lebih terjangkau?

Di lihat segmentasinya, jelas bebek Kawasaki ini akan bertarung dengan bebek lainnya dikelas 125cc. Di kelas ini ada Suzuki Shogun 125RR yang sudah Cast Wheel dan non kopling, dibanderol seharga Rp. 14.1juta. Kemudian ada honda Supra X-125 CW dengan dibanderol harga sebesar Rp. 14.7 juta. Ataupun naik sedikit cc-nya ke Yamaha Jupiter MX135 yang dibanderol seharga Rp. 14.95 juta. Di kelas 125cc ini, rajanya kelas 125 masih dipegang oleh Supra X-125 walau harganya lebih tinggi dibandingkan Suzuki Shogun. Sehingga, pihak marketing Kawasaki harus jeli untuk menyematkan harga yang pantas bagi sebuah motor terobosan seperti ini. Melihat dari karakter konsumen Indonesia yang mulai bergerak ke arah smart, sepertinya konsumen akan memperitungkan masak-masak tentang Athlete termasuk teknologi, fitur dan harganya.

Iklan

Oktober 17, 2008 - Posted by | Creativity n Innovation

1 Komentar »

  1. kelas 125cc… masih honda cs1 bung yg paling top

    Komentar oleh kiyul | Agustus 15, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: